Apa sih keuntungan mempunyai konsumen yang loyal? Pernah dengar pareto principle? Nama lainnya adalah 80/20 rules.
Dalam prinsip tersebut disebutkan bahwa 20% dari pelanggan yang loyal, berkontribusie Sebesar 80% dari penjualan produk Anda.
Jika mereka hilang karena kurang perhatian dari Anda, maka akan berkurang 80% penjualan produk Anda. Hal ini akan menyulitkan bisnis Anda.
Konsumen yang loyal berperan besar untuk meningkatkan potensi bisnis Anda. Bahkan konsumen bisa menjadi penentu berkembang atau terhambatnya bisnis anda
Bila anda bekerja untuk memuliakan bisnis anda supaya maju dan proviteble, maka jangan hanya focus disitu. Tetapi cukupkan memberi perhatian kepada konsumen ( jamaah ) dengarkan keluhan, ramah dan berikan pencerahan.
Anda harus menahan diri adu argumentasi karena riskan, biarkan konsumen ( jamaah) puas dan senang dengan apa yang di lakukan, kita hanya menyatakan rambu rambutnya dan memastikan tujuannya.