Potensi Bisnis 1

Menjalankan bisnis sudah pasti penuh tantangan. Bisa dari keuangan, SDM, marketing bahkan perilaku konsumen. Kita tidak bisae memungkiri bahwa perilaku konsumen itulah yang paling banyak mempengaruhi bisnis. Seiring dengan perubahan perilaku konsumen uang pasti terjadi, maka bisnis juga perlu berubah dan meningkatkan potensinya.

Kesulitan dan cobaan dalam menghadapi bisnis sudah diketahuin banyak orang. Tapi bagi orang yang sudah berkeinginan keras untuk mendirikan sebuah bisnis tidak takut hal tersebut. Semua itu tidak menghalangi orang-orang dari memilih jalur karier sebagai seorang pebisnis.  

Permasalahan yang sering dihadapi oleh sebagian pebisnis adalah persaingan antar pemain.

Pebisnis harus cerdas. Mereka harus membangun fondasi bisnis yang solid dan juga harus proaktif. Mereka juga harus terus meningkatkan potensi bisnis hingga batas maksimal guna memenuhi kebutuhan konsumen. 

Kelangsungan hidup bisnis tergantung pada bagaimana menghadapi tantangan yang terus-menerus datang dengan konsumen untuk menjadi yang terbaik

Potensi bisnis yang tidak berkembang biasanya karena dijalankan oleh orang yang selalu menempatkan diri sebagai korban. Mereka menyalahkan orang lain atas masalah yang mereka alami. Mereka menganggap konsumen menyusahkan dan selalu menimbulkan masalah. Iklan hanya membuang-buang waktu dan uang saja. Akuntan tidak becus begitupula dengan karyawan yang ditempatkan hanya sebagai beban. Bisnis pasti tidak akan bertahan lama.

Potensi bisnis bisa tercapai dengan baik bila dijalankan oleh orang orang yang mempunyai pikiran positif dan antusias. Ketika kemunduran  terjadi pada bisnis yang mereka jalankan, mereka segerae mencari jalan keluar untuk bangkit kembali. Jadi, aspek pertama untuk meningkatkan  potensi bisnis adalah dengan memiliki sikap yang tepat dalam menjalankan bisnis. 

Pada saatnya bisnis akan ketinggalan oleh kebutuhan darik onsumen, mungkin sebelum semua potensi bisnis maksimal. Seperti sebuah musim, kebutuhan, dan keinginan konsumen terus berubah. Bilatidak terpenuhi maka mereka akan dengan cepat berpindah ke produk lain. itu adalah hal yang biasa terjadi di dunia bisnis, maka kita harus selalu mengikuti agar tidak ketinggalan.

Jika kita hanya terus melakukan hal-hal yang sama, maka bisnis tidak akan berkembang. Bisnis membutuhkan dorongan yang konstanu ntuk menjadikannya lebih efisien, lebih efektif, lebih fokus kepada pelanggan. Untuk mengubah bisnis kita menjadi perusahaan yang berhasil, kita harus memaksakan bisnis untuk meningkatkan potensi bisnisnya.

Banyak bisnis yang berkembang karena terus meningkatkan  potensi bisnisnya. Mereka mendirikan banyak cabang, kantor, dan toko.

Mereka juga memperbanyak perpanjangan penjualan seperti reseller, agen maupun distributor. Dengan terus bertumbuhnya bisnis, maka ukuran bisnis akan makin besar lalu menghasilkan banyak uang.

Dalam bidang bisnis yang memproduksi produk sendiri, tidak bisa terus-menerus menawarkan produk yang sama dari tahun ke tahun. Kita bisa perhatikan produk elektronik yang mengeluarkan model terbarunya lebih dari satu dalam setengah bulan. Hal tersebut terjadi juga padar produk fashion, bahkan mereka mempunyai waktu-waktu khusus untuk mengeluarkan produk baru. Waktu tersebut bisa dikaitkan dengan perubahan musim, hari bersejarah, dan hari besar yang dirayakan.

Dalam bidang bisnis jasa yang melayani konsumen langsung pun tidak lepas dari peningkatan potensi bisnis. Mereka meningkatkan dengan cara memberikan pelayanan yang makin lama makin bertambah dan memberi  manfaat baru kepada pelanggan. Dalam bidang bisnis yang melayani bisnis lain pun terus meningkatkan potensinya. Bila tahun  lalu baru melayani bisnis lokal, tahun depan bisa melayani bisnis internasional

Terus bertumbuh berkaitan erat dengan melakukan apa pun yang harus diperhatikan untuk mempertahankan bisnis agar tetap berjalan pada hari ini hingga tahun depan. Berkerja untuk terus bertumbuh berarti  berpikir tentang masa depan.

Banyak pebisnis yang lebih jago untuk mengurus bisnis daripada  meningkatkan potensi bisnis. Ketika pebisnis lain memikirkan masa depan  untuk meningkatkan potensi bisnis, kita hanya terus menerus memikirkan pekerjaan harian, maka kita akan ketinggalan oleh pasar yang  cepat berubah. 

Lebih baru Lebih lama